Ini Dia Tutorial Mencari Akar Pangkat Dua (Kuadrat) Secara Manual

Ini Dia Tutorial Mencari Akar Pangkat Dua (Kuadrat) Secara Manual

zverev.org – Matematika merupakan sebuah ilmu yang sangat praktikal. Pasalnya, dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa terlepas dari segala macam yang berhubungan dengan matematika, seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa matematika amatlah penting dalam menyelesaikan setia situasi yangg berkaitan erat dengan angka.

Dalam mempelajari matematika, tentu tidak asing dengan istilah akar pangkat. Akar pangkat rupanya juga tidak jarang ditemukan dalam operasi perhitungan sehari-hari, khususnya bagi mereka yang sedang belajar matematika. Ada beragam jenis operasinya, salah satunya adalah akar pangkat dua (Kuadrat). Apabila Anda ingin mempelajari cara mencari akar pangkat 2, simak lebih lanjut, ya

Bagaimana Cara Menghitung Akar Pangkat 2 Manual?

Pada kesempatan ini, kami akan berikan penjelasan mengenai tutorial cara menghitung akar kuadrat secara manual karena apabila sedang dihadapkan dengan situasi tanpa kalkulator maupun smartphone, cara ini tentu akan sangat bermanfaat. Tak perlu berlama-lama lagi, ikut langkah-langkah berikut ini agar sukses menghitungnya!

  1. Pisahkan digit-digit bilangan menjadi beberapa pasang. Sebagai contoh, bilangan 750,40 bila dipisahkan digitnya akan menjadi “7 50 40”.
  2. Selanjutnya, carilah bilangan bulat terbesar dimana nilai kuadratnya kurang dari atau sama dengan angka yang paling kiri. Kemudian hitunglah akar kuadratnya dari bilangan bulat terbesar atau disebut juga kuadrat sempurna (n). Dalam contoh soal di atas adalah di mulai dari angka 7. Karena nilai operasi 22 = 4 ≤ 7 < 32 = 9 maka dapat dikatakan bahwa n = 2. Tulislah angka 2 di bagian kanan atas bilangan lainnya.
  3. Kurangkan nilai kuadrat 22 = 4, kemudian turunkan ekstraksi berikutnya. Cara ini bisa dibilang mirip seperti operasi pembagian panjang.
  4. Carilah pasangan perkalian dari “2x” nilai akar ekstrasinya. Karena hasil perkaliannya adalah 4 (2 x 2 = 4), maka jadilah “4.. x .. = .. ”.
  5. Isilah titik-titik kosong pada poin keempat di atas dengan bilangan bulat yang sama sekaligus harus merupakan bilangan terbesar dimana bisa membuat hasil perkaliannya jadi kurang atau hampir mendekati angka hasil pengurangan sebelumnya (Poin 3). Pada tahap ini, cobalah gunakan bilangan dimana sekiranya hasilnya bisa kurang atau bahkan mendekati hasil pengurangan.
  6. Apabila sudah ditemukan hasilnya, maka selanjutnya adalah kurangkan angka hasil poin ketiga terhadap nilai yang baru saja dihitung (Poin 5) seperti cara pembagian panjang.
  7. Ulangi tahapan penurunan pada bagian selanjutnya sampai mencapai titik desimal dalam angkanya. Setelah itu, kalikan kembali bilangan hasil ekstraksinya dengan 2.
  8. Ulangi kembali langkah poin 5 dan 6. Selanjutnya, untuk memperoleh kalkulasi yang tingkat akuratnya tinggi, ulangi terus tahapan perhitungan digitnya sampai Anda menemukan letak desimal sesuai keinginan.

Baca Juga : Cara Supaya Google Menjadi Halaman Awal Chrome

Nah, sekian penjelasan singkat mengenai cara mencari akar pangkat 2. Agar lebih mudah serta memahami tutorial di atas, silakan praktikkan lebih lanjut menggunakan contoh-contoh soal di buku atau dapat mencarinya di internet. selamat mencoba dan semoga berhasil!