Cara Kirim Paket JNE untuk Pemula

Cara Kirim Paket JNE untuk Pemula

zverev.org – Pengiriman dokumen atau benda memang bukanlah kegiatan baru untuk dilakukan oleh sebagian orang. Apalagi bagi anda yang bekerja sebagai penjual online di situs e-commerce. Sudah pasti akan menggunakan jasa ini, supaya paket tersebut dapat sampai ke konsumen di tempat tujuan dan JNE ini adalah salah satu jasa pengiriman yang bisa dicoba dengan pelayanan terbaiknya.

Perlu diketahui, bahwa JNE ini memiliki 1000 lebih titik layanan untuk bisa menjangkau wilayah Indonesia. Bahkan, juga bisa sampai ke luar negeri dengan tidak hanya menerima jasa pengiriman. Tetapi, juga jasa penjemputan barang. Namun, tahukah anda cara kirim paket JNE? Jika belum mengetahui caranya, maka tidak ada salahnya membaca trik pengiriman lewat JNE.

Kirim Paket 

1. Mengecek ongkos kirim

Hal pertama apabila ingin mengirim paket adalah mengecek ongkos kirim, supaya mengetahui biaya pengeluaran pengiriman sampai ke tujuan. 

Cara mengecek ongkos dapat dilakukan dengan mengunjungi laman https://www.jne.co.id/id/tracking/tarif. Kemudian isi kolom kosong sesuai petunjuk. Lalu klik check. Maka, akan muncul beberapa tampilan tarif layanan seperti JNE OKE, Reguler, YES serta jenis kiriman maupun perkiraan hari yang ditempuh dalam proses pengiriman.

2. Packing dokumen atau benda

Tahap berikutnya yaitu pengemasan. Tahap ini mengharuskan pengirim untuk mengemas barang secara baik, supaya benda yang nanti dikirimkan tidak rusak atau pecah. Namun, sebenarnya tahap pengemasan pun bisa dilakukan oleh pihak jasa pengantar dengan tambahan biaya tertentu.

3. Tuliskan alamat pengirim juga penerima

Setelah mengemas, langkah selanjutnya yaitu menuliskan alamat pengirim maupun penerima disertai nomor teleponnya. Dalam menuliskan alamat harus jelas serta mudah terbaca, supaya kurir tidak bingung untuk membaca tulisan. Selain itu, alamat juga harus ditulis lengkap, agar dokumen atau bendanya bisa sampai tempat tujuan tanpa tersesat.

4. Datangi kantor terdekat

Kemudian datanglah ke kantor jasa pengantar barang terdekat dengan tidak lupa membawa sejumlah uang juga benda yang dikirimkan. Apabila pengirim tidak mengetahui kantor terdekat, maka bisa searching terlebih dahulu di google map dengan mengetikkan nama kantor. Setelah itu, akan muncul tampilan petunjuk jalan.

5. Menyerahkan barang dan membayar jasa pengiriman

Setelah sampai di kantor, pengirim cukup mengatakan pada pegawai di sana untuk mengantarkan barang. Maka, barang yang dibawa akan di cek terlebih dahulu beratnya. Setelah itu akan ditanyai tentang jenis benda dan layanan yang anda inginkan. Kemudian, diproses, dan anda akan mendapatkan nomor resi untuk melacak lokasi paket.

6. Periksa status 

Periksa status pengiriman secara berkala melalui alamat website https://www.jne.co.id/id/tracking/trace kemudian tuliskan nomor resinya dan captcha. Lalu klik search, maka secara otomatis akan menampilkan statusnya.

7. Barang sampai tujuan

Apabila dokumen atau bendanya dilacak dan tertulis delivered maka, artinya telah berhasil sampai ke tempat tujuan

Baca Juga : Cara Membuat Grafik di Word 2007 dan 2010 Dengan Mudah

Begitulah cara kirim paket JNE. Dengan memahami langkah-langkahnya, maka tidak perlu lagi bingung dalam melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *