Bukan Hanya Bertelur, Ini Cara Ular Berkembang Biak

Bukan Hanya Bertelur, Ini Cara Ular Berkembang Biak

zverev – Ular merupakan hewan berjenis reptil berbentuk tubuh sangat unik. Tanpa adanya kaki yang terlihat, hewan ini dapat berpindah tempat dengan memanfaatkan gerakan pada tubuhnya. Namun bukan hanya cara berjalannya saja yang unik, nyatanya ular berkembang biak dengan cara yang tak biasa. 

Beberapa jenis diketahui dapat melakukan proses regenerasi menggunakan tahapan bertelur (ovipar) atau melahirkan (ovovivipar). Sementara itu, kedua metode tersebut tentu berbeda. Terdapat beberapa reptilian menggunakan tahapan ovipar yakni Kobra. Sementara itu, Boa diketahui berproses vivipar. Lantas bagaimana hewan berjenis reptilian ini melakukan regenerasinya? Simak penjelasannya berikut.

Macam-macam Perkembang Biakkan Ular

Berbicara soal hewan reptil, faktanya tak hanya saja beregenerasi dengan bertelur namun juga dapat melalui opsi melahirkan. Aktivitas regenerasi melalui proses berteluar dapat disebut juga ovipar. Sementara itu, metode melahirkan secara ilmiah disebut sebagai vivipar. Lalu bagaimana kedua proses tersebut berlangsung pada ular?

 

  • Ovipar

Ovipar dapat disebut juga melalui proses bertelur. Hampir sebagian besar reptilia melakukan aktivitas regenerasi melalui metode ini. Umumnya hewan tersebut melakukan metode tersebut melalui media batang pohon sisa, lubang-lubang di dalam tanah, serta tempat-tempat bersuhu relative hangat. Beberapa reptil memiliki karakteristik demikian yakni ular tikus, kobra, mamba, dan sebagainya.

Berbeda dibandingkan kobra yang akan menjaga telurnya hingga menetas, di sisi lain terdapat juga jenis reptil tidak menggunakan media di atas, melainkan hanya meninggalkan telur-telurnya begitu saja. Jenis semacam itu yakni koral.

 

  • Vivipar

Selain vivipar, reptilia ini juga dapat menggunakan proses melahirkan atau vivipara. Beberapa jenis dari reptilia secara vivipara antara lain Boa Constrictors serta Green Anacondas. Ular berkembang biak dengan cara vivipar artinya mereka menggunakan media lain selain cangkang telur, yakni lapisan plasenta.

Boa Constrictors serta Green Anacondas akan menghasilkan lapisan plasenta saat melahirkan. Plasenta tersebut nantinya akan menghasilkan anak-anak mereka. Setelah keluar dari perut induk, bungkus plasenta akan robek oleh gigi telur anakan kemudian mengeluarkan anak-anak itu.

Apakah Ada Jenis yang Beregenerasi Melalui Cara Keduanya?

Vivipar maupun ovipar merupakan metode paling khas dan umum dari reptilia dalam regenerasi. Namun nyatanya ada juga beberapa jenis melakukan kedua opsi, yakni bertelur dan juga melahirkan. Secara ilmiah proses di atas dikenal sebagai ovovivipar.

Lantas bagaimana hal demikian bisa terjadi? Ovovivipar sebenarnya tidak jauh berbeda dibandingkan ovipar maupun vivipar. Ovovivipar tetap bertelur, namun telur itu tertahan dalam tubuh sang induk. Tidak seperti jenis tertentu beregenerasi secara ovipar, ovovivipar melakukan proses penetasan di dalam tubuh induknya.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Tahajud Yang Baik Dan Benar

Kemudian setelah anakan itu menetas di dalam tubuh, sang induk siap mengeluarkan anakan tersebut dalam kondisi utuh dan dapat bergerak. Beberapa contoh ular berkembang biak dengan cara ini antara lain derik dan garter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *